National Movie Day : The Strong Root Towards The Best Indonesian Film

by: Rahayuning Tirta Kencanawati

Yuhuuuu Snowerss~~ sekarang sudah on the way menuju ke weekend nih dan hari Sabtu ini tanggal 30 Maret 2019 bertepatan dengan Hari Film Nasional. Hari Film Nasional ini diperingati setiap tahun loh Snowers, tapi sudah pada tahu belum asal muasal dari Hari Film Nasional ini? Yuk, langsung simak aja!

Jadi, sejarah dari Hari Film Nasional ini yaitu pada 30 Maret tahun 1950 adalah pertama kalinya dilakukan pengambilan gambar dari film yang berjudul Darah dan Doa oleh seorang sutradara bernama Usmar Ismail. Film Darah dan Doa ini menceritakan tentang perjalanan panjang seorang prajurit dalam mendapatkan kedaulatan negara Republik Indonesia. Sekelompok prajurit ini dipimpin oleh seorang Kapten bernama Sudarto yang merupakan rakyat biasa. Dalam perjalanannya menjunjung kedaulatan negara Indonesia, Kapten Sudarto terlibat cinta dengan dua orang gadis serta mendapat banyak tuduhan atas laporan negatif yang dilakukan oleh anak buahnya dan mengharuskan Kapten Sudarto menjalani penyelidikan. Film ini dinilai sebagai film yang mencerminkan karakter negara Indonesia.

Nah, sejak adanya film Darah dan Doa itulah maka pada 30 Maret 1950 secara resmi ditetapkan sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keppres Nomor 25/1999. Waahhh.. Snowers pasti karya sutradara Usmar Ismail ini keren dan bagus banget ya sampai tanggal pemutaran film nya diresmikan sebagai hari bersejarah. Dengan diperigatinya Hari Film Nasional ini dapat menjadi bentuk apresiasi bagi seluruh insan perfilman Indonesia dan kedepannya industri perfilman Indonesia semakin maju dan mampu menciptakan berbagai film yang lebih berkualitas.

Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/Darah_dan_Doa
http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikevent/events/hari-film-nasional-2019-03-30/