Telinga Sakit Setelah Berenang

Posted by | | Kesehatan | Comments Off on Telinga Sakit Setelah Berenang

Banyak orang gemar berenang. Selain menyenangkan dan menyegarkan, berenang juga baik untuk kesehatan. Namun, ada saja bahaya yang melekat pada aktifitas fisik, dan dalam kasus berenang masalah yang paling umum adalah sakit telinga.

Jenis Utama Nyeri Telinga

Ada dua jenis utama dari nyeri telinga, yaitu sakit telinga bagian dalam ( internal ) dan sakit telinga bagian luar ( eksternal ). Namun, keduanya dapat terjadi pada waktu yang sama – ketika daerah telinga dipenuhi dengan bakteri atau jamur.

  • Nyeri telinga bagian dalam disebabkan oleh saat-saat ketika air terperangkap di dalam saluran telinga Anda. Bagi orang yang sering berenang di pantai akan tahu bahwa proses masuknya air di telinga ini tidak hanya sangat mengganggu, tetapi bisa juga lama. Hal ini dapat memakan waktu beberapa hari untuk air supaya dapat benar-benar mengalir keluar dari saluran telinga. Sementara itu kebanyakan orang mengatasi hal ini hanya dengan memiringkan kepala  dan memukul kepala mereka dengan tangan berharap air akan keluar. Hal ini tidak hanya sangat tidak efektif, tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan sakit telinga.
  • Rasa sakit eksternal adalah suatu kondisi yang dikenal sebagai otitis eksternal, tetapi lebih sering disebut sebagai telinga perenang, karena mempengaruhi telinga orang-orang yang telah berenang, dimana dalam telinga mereka bakteri dapat berkembangbiak. Ini umumnya terjadi pada orang-orang yang berenang di danau, sungai, kolam atau daerah perairan lainnya yg kotor. Namun, juga dapat terjadi pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di kolam renang, karena klorin dapat membantu bakteri berkembang lebih cepat. Bahkan ketika Anda mandi, Anda rentan untuk mengalami telinga perenang. Selain berenang, Anda juga dapat menyebabkan sakit pada  telinga jika Anda mencoba dan membersihkan telinga Anda dengan benda tajam seperti klip atau jepit rambut, karena mereka dapat melukai kulit saluran telinga dan dapet menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri.

Gejala Nyeri Telinga

Gejala yang paling jelas adalah, tentu saja, nyeri di telinga Anda ketika Anda menyentuhnya atau bahkan ketika Anda mengunyah atau menguap. Dalam kebanyakan kasus nyeri telinga ditandai oleh sensasi gatal yang dimulai sebelum sakit yang sebenarnya setelah itu. Pembengkakan dan kemerahan dari telinga eksternal juga umum. Dalam beberapa kasus kelenjar getah bening di sekitar telinga bisa membesar. Jika saluran telinga membengkak maka biasanya akan disertai dengan nanah keluar dari telinga. Orang yang sakit telinga akan sering menderita kehilangan pendengaran yang bersifat sementara dan bahkan demam sesekali.

Cara Mengobati Sakit Telinga Setelah Berenang

Jika Anda merasakan rasa sakit telinga maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan Anda akan mendapatkan resep untuk obat tetes telinga. Meskipun ada banyak jenis obat tetes telinga, sebagian besar dapat bekerja karena mengandung antibiotik atau kortikosteroid. Cara menggunakan obat ini adalah dengan meneteskan obat tersebut pada saluran telinga Anda beberapa kali sehari. Jumlah tetesan yang diperlukan dan frekuensi penggunaan berbeda dari setiap obat, tetapi biasanya 5 sampai 10 tetes sudah cukup dan prosesnya harus diulang 2 sampai 4 kali sehari selama sekitar 10 menit. Lakukan ini sekitar seminggu untuk menyingkirkan rasa sakit pada telinga.

Jika Anda gemar berenang, pastikan untuk menjaga telinga Anda sebersih mungkin. Gunakan cuka atau tetes telinga setelah Anda berenang bahkan jika Anda tidak merasa kemasukan air. Lebih baik berjaga-jaga sebelum Anda mengalami hari-hari yang tidak menyenangkan jika sakit telinga terjadi.